Selasa, 30 November 2010

Tugas Individu ,Keluarga, dan Masyarakat


 Pertumbuhan berarti perubahan atau kenaikan dalam ukuran secara keseluruhan fisik, seperti tulang, tinggi badan, berat badan, jaringan syaraf dan lainnya menjadi lebih sempurna. Pertumbuhan individu dapat diukur dengan alat pengukur. Pertumbuhan merupakan perubahan yang bersifat kuantitatif, yaitu peningkatan dalam ukuran dan fungsi fisik yang murni.        
 Pertumbuhan Individu
          Pertumbuhan pada masing-masing individu dalam segi proses terdapat hal umum yang sama, tetapi dalam hal-hal yang khusus belum tentu sama. Berikut ini dikemukakan ilustrasi singkat tentang pristiwa pertumbuhan genetis manusia.
Individu Keluarga dan Masyarakat
Individu dapat di ibaratkan seseorang ataupun manusia. Pada dasarnya setiap individu memiliki kesamaan dan perbedaan, dikarenakan setiap manusia memiliki berbagai sifat, contoh kesaaman ialah ketika dua individu bertemu dengan mereka yang memiliki sifat atau saling mengerti satu sama lain kedua individu itu sebenarnya sudah memiliki kesamaan dalam hal sifat dan pengertian, sedangkan untuk perbedaan biasanya dikarenakan lingkungan sekitar mereka yang mempengaruhi tumbuh kembang sifat atau watak tiap individu.
Setiap individu pasti akan bertumbuh kembang, pertumbuhan individu lebih cenderung mengarah kepada proses kedewasaan, meskipun tidak semuanya berkembang kearah yang benar.
Pertumbuhan individu dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu :
pendirian nativistik
pendirian navistik merupakan pertumbuhan individu yang semata-mata ditentukan oleh factor yang dibawa sejak lahir. Biasanya merupakan bawaan gen sifat.
pendirian empiristik & enviromentalistik
merupakan pertumbuhan yg semata-mata tergantung pada lingkungan dan konsekuensinya. Hal ini ditentukan oleh bagaimana dan dengan siapa kita bergaul, kebanyakan akan mengikuti daerah pergaulan tersebut.
konvergensi & interaksionisme
merupakan pertumbuhan individu yang ditentukan oleh interaksi antara bakat dan lingkungan.
Untuk tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi dapat di bagi menjadi empat tahapan, yaitu :
masa vital ( 0 – 2 tahun )
pada masa ini biasanya manusia baru mulai mengenal dunia dan masih banyak yang ingin diketahui melalui proses eksplorasi dan belajar untuk mengenal dunianya.
masa estetik ( 2 – 7 tahun )
pada tahapan ini sang anak mulai mengenal yang dinamakan “kehendak” dan “kebebasan”. Anak cenderung mulai mengenal dirinya secara pribadi, dan efek dari proses tersebut biasanya anak mulai mengenal kebebasan untuk melakukan yang mereka anggap menyenangkan.
masa intelektual ( 7 – 14 tahun )
pada masa ini individu semakin berkembang dengan cara mengenal dunia sekitarnya lebih dalam, dari kegiatan pendidikan. Individu diajarkan untuk bersosialisasi secara benar.
masa remaja ( 14 – 21 tahun )
merupakan masa yang paling rentan terhadap perkembangan, anak cenderung berkembang ke arah negative pada tahap ini, akan tetapi tergantung bagaimana cara seseorang menghadapi lingkungan ia bergaul, akankah ia berkembang kearah negative atau positif, dikarenakan mulai bekerjanya system hormone yang membawa perubahan cepat pada remaja dan seringkali tidak mereka pahami. Kemudian ada tahap masa usia mahasiswa dimana seseorang individu telah melakukan pemantapan dala hidupnya dan menyiapkan keterampilan dan kemampuan yang dapat digunakan untuk kehidupan yang telah mereka pilih.
Keluarga juga merupakan salah satu yang berfungsi membentuk individu, keluarga merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dikarenakan fungsi keluarga yaitu membimbing anak mulai dari kecil dan memperkenalkan mereka pada dunia yang baru mereka kenal.
Keluarga memiliki beberapa fungsi diantaranya :
-fungsi biologis yang bertujuan mempersiapkan pengetahuan tentang kehidupan pada anaknya, contohnya saja memberikan pengetahuan tentang sex suami istri dan memelihara pendidikan bagi anak-anak.
-Fungsi pemeliharaan yang berfungsi untuk memberi perlindungan terhadap anak dan memelihara kesehatan anak.
-Fungsi ekonomi yang bertujuan untuk menghidupi keluarga baik berupa sandang, pangan dan papan.
-Fungsi keagamaan bertujuan untuk memperkenalkan anak dengan system keagamaan, supaya mereka mengetahui seluk beluk rohani dan mengamalkan ajaran Tuhan YME.
-Fungsi social yang bertujuan memperkenalkan anak pada nilai-nilai yang berlaku pada masyarakat, supaya mereka dapat bertingkah dengan sopan dan mengerti peranan mereka dalam masyarakat.
Yang tidak kalah penting dalam membentuk individu adalah masyarakat, karena lebih dari 50% yang menentukan akan seperti apa sifat seorang individu adalah masyarakat tempat mereka melakukan pergaulan, pada dasarnya masyarakat menunjukan bagaimana cara melakukan sosialisasi yang sesungguhnya. Pada dasarnya seorang individu bergabung dengan suatu kelompok masyarakat dikarenakan memiliki tujuan serta pandangan yang serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar