Sabtu, 02 Oktober 2010

Ilmu Sosial Dasar


Ilmu Sosial Dasar
Pengertian
Menurut para ahli
·         Auguste Comte (1798-1857)
Ilmu sosial adalah pengetahuan tentang pengauh timbal balik antara gejala sosial dan non sosial
·         Emile Durkheim (1858-1917)
Ilmu sosial adalah sebagian dari ilmu sejarah dan ekonomi
·         Herbert Spenser (1820-1903)
Berpendapat bahwa masyarakat itu meliputi semua level dari mulai masyarakat yang paling bawah (barbar) sampai masyarakat yang paling tinggi (peradaban).
·         Roucek dan Warren
Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
·         William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Ilmu sosial adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya organisasi sosial .
·         J.A.A van Doorn dan C.J Lammers
Ilmu sosial adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses kemasyarkatan yang bersifat stabil.
·         Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
Jadi secara garis besar yang saya ambil ,
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan lingkungannya secara keseluruhan. Intinya, sosial membuat kita keluar dari mata kita untuk melihat orang lain .

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial memberi penekanan cara pandang pada konteks sosial dimana orang atau sekelompok orang hidup. Bagaimana yang lain saling berhubungan satu sama lain. Bagaimana konteks sosial mempengaruhi oleh sekelompok individu yang menempati wilayah tertentu dan memiliki budaya tertentu pula.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Membawa kita pada pemahaman yang menyeluruh akan perilaku orang atau sekelompok orang. Yang pada akhirnya, akan membawa kita pada diri kita sendiri.
Tujuan pembelajaran Ilmu Sosial Dasar adalah dapat mengajarkan kita untuk mejelaskan mengapa sesuatu bisa terjadi, menggeneralisasikannya sampai bisa melampaui kasus-kasu yang sifatnya individual  yang akhirnya bisa berlaku untuk orang atau sekelompok dan situasi tertentu, dan untuk meramal atau membuat perkiraan apa yang akan terjadi di masa depan dalam kerangka ilmu yang kita ambil.

Hubungan ISD dengan IPS
Ilmu sosial dinamakan demikian karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajarinya. Ilmu sosial belum mempunyai kaedah-kaedah dan dalil-dalil tetap yang diterima oleh bagian terbesar masyarakat karena ilmu tersebut belum lama berkembang, sedangkan yang menjadi objeknya adalah masyarakat manusia yang selalu berubah-ubah. Karena sifat masyarakat yang selalu berubah-ubah karena hingga kini belum dapat diselidiki dan dianalisis secara tuntas hubungan antara unsur-unsur di dalam masyarakat secara lebih mendalam. IPS di sini banyak mengambil sumber atau dalil-dalil dari Sosiologi.
           
1.    IPS mengambil bahan-bahan dari ilmu sosial.
2.    Tidak ada keharusan bahwa semua ilmu sosial perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS, tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan peserta didik.
3.     Jenjang pendidikan juga ikut menentukan jumlah dan bagian isi ilmu sosial yang akan diramu menjadi program IPS.
4.    Kesamaannya IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu sosial sehingga menjadi menarik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar