Sabtu, 29 Oktober 2011


Struktur organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal
Struktur organisasi akan memberikan informasi tentang :
-           Tipe organisasi , artinya struktur organisasi akan membrikan informasi tentang tipe organisasi yang diperukan prusahaan.
-           Pendepartemenan organisasi artinya struktur organisasi akan memberikan informasi mengenai dasar pendepartemenan (bagian),apa berdasarkan fungsi2 manajemen, wilayah, produksi, shif,dan lain sebagainya.
-           Kedudukan, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai apa seseorang termasuk kelompok manajerial atau karyawan operasional.
-           Jenis wewenang, artinya struktur rganisasi memberikan informasi tentang wewenang yang dimiliki seseorang.
-           Rentang kendali, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai jumlah karyawan dalam setiap department (bagian).
-           Manajer dan bawahan, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai garis perintah dan tanggung jawab, siapa atasan dan bawahan.
-           Tingkatan manajer , artinya struktur organisasi memberikan informasi tentang top manager, middle manager, dan lower manager .
-           Bidang pekerjaan, artinya setiap kotak dan struktur organisasi memberikan informasi mengenai tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaaan serta tanggung jawab yang dilakukan pada bagian tersebut.
-           Tingkat manajenen, artinya sebuah bagan tidak hanya menunjukkan menejer dean bawahan secara perorangan, tetapi juga hierarki manajemen secara keseluruhan. Semua kayawan yang melapor pada orang yang sama berada pada tingkat manajemen yang yang sama, tidak jadi soal dimana mereka ditempatkan dalam organisasi.
-           Pimpinan organisasi, artinya struktur organisasi memberikan informasi tentang apa pimpinan tunggal atau pimpinan kolektif, atau presidium.

Struktur organisasi (formal) mempunyai dua muka yaitu:
a.         Model struktur, dalam hal ini kita dapat mempergunakan prinsip-prinsip teori organisasi.
b.         Dimensi-dimensi dasar struktur, yang akan menentukan kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan yang harus dilakukan dan tingkat spesialisasi yang dapat di berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar