Selasa, 01 November 2011


MPM IM FKM UI 2008

Kehidupan kampus tidak melulu tentang menuntut ilmu, karena selain mengembangkan ilmu di FKM UI, mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri, bakat, minat, serta kreativitas dengan mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan. Diharapkan dari berbagai aktivitas yang bersifat ekstrakurikuler tadi mahasiswa dapat menjadi sumber daya yang tak hanya menguasai bidang keilmuan, tapi juga memahami dan mampu mengaplikasikan keahlian berorganisasi dan manajerial.
Organisasi
Organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan FKM UI adalah:
  1. Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM)
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  3. BSO Nuansa Persaudaraan Islami (Nurani)
  4. BSO Bursa Mahasiswa
  5. Sminat Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA)
  6. Sminat Teater Trotoar
  7. Sminat Pasatwa
Selain itu masih terdapat pula organisasi-organisasi yang berbasis keilmuan di tiap departemen seperti OHSC, yang merupakan organisasi mahasiswa Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Adapula HME, Himpunan Mahasiswa Ekstensi
Fasilitas
Untuk memudahkan mahasiswa melakukan kegiatan kemahasiswaan, FKM UI menyediakan sarana dan prasarana sebagai berikut:
  1. Balai Kegiatan Mahasiswa, yang merupakan pusat kegiatan kemahasiswaan. Didalamnya terdapat sekretariat BEM dan MPM FKM UI, dan dapat digunakan untuk menyelenggarakan seminar maupun workshop.
  2. Lapangan olahraga
  3. Laboratorium komputer
  4. Mushalla
  5. Perpustakaan
  6. Mading

MPM (Majelis Perwakilan Mahasiswa) merupakan lembaga kemahasiswaan yang memiliki fungsi legislatif dan yudikatif. Fungsi legislatif MPM tercermin dalam upaya penampungan dan penyaluran aspirasi seluruh mahasiswa, sedang fungsi yudikatif MPM meliputi pengawasan kinerja lembaga kemahasiswaan hingga pengakarannnya di tingkat fakultas. Selain itu, MPM juga memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung atau fasilitator antara mahasiswa dan pihak dekanat.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan MPM IM FKM UI 2008 adalah membuat Garis-Garis Besar Pedoman Kerja (GBPK) BEM IM FKM UI, pengalokasian RKAT yang berpegang teguh pada high equity dan efisiensi, pengadaan forum RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara BEM dan MPM, forum BADKO (Badan Koordinasi) antara MPM dan berbagai Lembaga Kemahasiswaan di FKM UI, FORMA (Forum Mahasiswa) terkait isu urgent dan insidental di lingkungan FKM UI, Forum Ketua Angkatan guna transformasi informasi dan pengakaran dalam upaya penterjemahan visi MPM IM FKM UI 2008 yang bersahabat.
Dalam struktur MPM IM FKM UI 2008 terdapat seorang Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum dan 3 komisi, yakni:
- Komisi I yang memiliki fungsi sebagai pengawas kinerja Lembaga Kemahasiswaan yang ada di FKM UI, mengadakan Open Tender PO OKK FKM UI, dan mengawasi jalannya PEMIRA FKM UI.
- Komisi II bertugas mengadvokasi kebutuhan mahasiswa ke pihak dekanat, menjaring aspirasi lembaga kemahasiswaan melalui Badan Koordinasi (BADKO) rutin, dan memfasilitasi kepanitiaan MUBESMA (jika diperlukan).
- Komisi III berperan dalam mempublikasikan hasil dan isu terkini di MPM IM FKM UI kepada seluruh mahasiswa FKM UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar